Wednesday, September 28, 2005

Buat apa menulis?

Buat apa menulis?

Menulis tentang kejadian yang kita alami se hari² (seperti nulis diary) kebanyakan orang menganggap hal itu kampungan (lol) atau nggak orang itu pastinya cengeng atau nggak orang itu kewanitaan (emang nya ada kata kewanitaan? Lol)…. ha ha ha ha ha.

Coba deh perhatikan di dunia nyata, berapa orang cowok seh yang punya diary? Walaupun bukan untuk curhat doang, tapi ... jarang banget orang mau menuliskan kisah hidup nya diatas kertas.

Nggak tau kenapa, tapi dari segi agama malah memberikan contoh sama kita untuk rajin menulis, bahkan kisah² yang umurnya udah ribuan tahun bisa kita baca kembali karena ada yang mau menulis nya.

Kalau seumpama kita nggak mulai mendokumentasikan kejadian² sekarang dengan menulis, trus kira² neh, apa jadinya anak cucu kita di 300 tahun mendatang?
Mungkin mereka nggak bakal tau lagi apa yang kita lakukan sekarang, seperti tau nya kita apa yang nenek moyang kita kerjakan pada jaman Nabi dulu.

Atau mungkin salah satu faktor yang membuat kita menulis adalah Privacy, sepertinya nggak pantas kalau kita menceritakan apa yang terjadi dengan diri kita kepada orang asing.

Kemaren ... gw sempat liatin blog gw sama temen, tanggapan nya? Blog gw ga dilihat sama dia hahahahaha, gw senewen dong, tapi pass gw inget hal diatas gw langsung berpikir kalau temen gw tuh salah satu dari orang yang gw maksud diatas.

Hmmm, heran yah, kalau di luar negeri sana, orang bisa kaya karena menulis doang, padahal yang ditulisnya hal² yang simple, kata orang kita mah “sepele” seperti : “bagaimana membangkitkan semangat untuk hidup” atau “membuat keluarga lebih erat dengan puding hati lapis kaca” hahahahaha.

Maksud gw gini lho..., dengan menulis kita bisa lebih jujur, lebih berani, lebih kreatif, lebih aman, pokoknya lebih banyak  bicara secara lisan, dengan menulis kita diajarin mendetail, berpikir sebelum memperlihatkan tulisan kita ke orang lain, gampang di hapus kalau menurut kita kata itu akan menyinggung perasaan orang lain, lebih ekspresif karena kita bisa menggunakan kata² yang tidak bisa di ungkapkan dengan mimik.

Sekarang tanya diri anda sendiri ... Buat apa menulis?

2 comments:

  1. bagus juga blognya gue kadang pengen juga ikutan tulis blog cuma ga tau apa yg mau ditulis sampai kadang cuma diliatin aja he he he . menulis kadang bisa bikin tenang and lega kalau ada masalah dan pikiran jadi enggak pusink kalau semua udah ditumpahkan dalam tulisan

    ReplyDelete
  2. Ty neah ....,
    Selalu ada yang pertama Neah, sama aja seh gw juga "trial and error" entah ini blog yang keberapa kalinya, dengan username yang berbeda pula, tapi blog gw yang laen tuh rame juga, kalo dah mulai nulis masalah pribadi takut privacy gw keganggu, ga mau nulis masalah pribadi tapi ... gw pengen juga berbagi, kalo mo aman seh nulisnya tentang pandangan Ina aja akan sesuatu, pro dan kontra nya belakangan Neah, kalo di pikirin terus ga bakal jadi nulis nya.

    Intinya Neah ... nulis aja dulu, komentar mah belakangan, selagi masih gratis Neah ngomong apa juga, ntar kalo ada UU dilarang nge'blog, baru nyesel loe ga dari dulu ikutan nulis hehehehe.

    Ditunggu Neah tulisannya.

    ReplyDelete

Komen nya jangan aneh aneh :D

Sebagian cerita tentang saya, separuh ... tidak banyak.
Buat Semua ... untuk saya tinggalkan jejak jejak, sebagai tanda pergantian zaman