Wednesday, September 07, 2005

Pendidikan

Pasti sekolah formal yang pertama terbersit kalo dengerin tentang kata pendidikan, padahal hal itu bukan hal yang utama walaupun selalu jadi hal yang pertama (bukan nya ga penting), gw pengen ngomongin ini kerna tadi gw ngebahas masalah ini di rumah sama adik gw (udah punya anak 1 umur 1 tahun 3 bulan) sama kakak sepupu gw (punya anak 4 yang paling gede SMU kelas I).

Bahasannya tentang membentuk moral anak, walaupun tanpa psikolog, udstaz ataupun guru sekalian … tapi kita coba lihat sisi² yang bisa kita terapkan di lingkungan keluarga kita sendiri.

Apapun itu yang kita bahas … pasti adalah yang paling ideal nya dalam memberikan pendidikan moral terhadap anak, tapi kembali melihat kebudayaan turun temurun … se akan² apa yang kita bahas itu adalah sama dengan memindahkan sebuah gunung ketempat datar LOL.

Bukan nya pesimis, berhenti sebentar dan mengatur strategi bukan berarti kalah, berhenti sebentar untuk mempelajari situasi bukannya menyerah, kita bertiga tahu, hal ini bukan hal yang gampang, bukan Cuma sekedar naluri orang tua yang di andalkan, bukan sekedar teori pendidikan dan pengalaman yang kita terapkan, tapi terlebih pada keberanian dan tekad untuk betul² melaksanakan apa yang kita putuskan sebagai hal yang terbaik untuk pendidikan anak.

Walaupun gw blon berkeluarga … apalagi punya anak LOL, tapi dengan tinggal bersama dengan saudara² gw yang rata² udah punya anak, mau nggak mau gw ikut juga dalam hal mendidik anak² mereka.

Gw punya ponakan umur 4 tahun lebih (namanya PUTRI), merengek minta uang seribuan sama ibu nya, setelah ditanya dia mo beli apa … jawabannya dia harus bayar utang karena tadi udah ngambil jajanan di warung saudara saya yang bersebelahan rumah.

Oh ... My … God, itu anak umur 4 tahun udah ngerti cara berutang? Gw sampe bengong nge dengerin nya, nggak cukup sampai disitu, entah berapa hari kemudian, saya dapatin dia di warung saudara saya itu sambil ngomong “tante … saya utang dulu, nanti kalo ibu saya pulang dari kantor… baru di bayar” katanya sama saudara gw.

Gw tungguin saudara gw (Ibu nya Putri) trus gw deketin, gw bilang “non … tadi ketemu Putri di warung sebelah dia nya ngutang jajanan” pelan² gw omongin “gw Cuma heran aja, anak se kecil itu kok sudah tau berutang, gw Cuma takut aja kalau pola pikir nya terbentuk kalau …. Dengan cara berutang smua nya bisa di beli” kelihatan banget kakak gw udah mulai berang “kalo misalnya kamu ga ada duit, jangan bilang ke dia kalau sebaiknya dia ngutang aja dulu di sebelah, ajarkan kalau dia harus prihatin ke orangtua karena nggak ada duit, bukan apa² … kalo umur 4 tahun udah biasa berutang … gimana umur 40 tahunnya?”

Kakak gw bilang “udah gw bilangin ke Putri tapi dasar anak nya aja gitu, yang namanya anak suka nggak tegaan kita kalau harus mukul”

See it? Ternyata naluri, pengalaman dan pendidikan formal tidak sepenuh nya bisa membantu kita dalam menerapkan pendidikan moral terhadap anak, kakak gw tuh S1 lho, adik gw S2, tapi bukan itu ukurannya, gw belum jadi orangtua, gw belum punya pegalaman punya anak, pendidikan formal gw Cuma sebatas SMU, tapi gw lebih konsen dan peduli sama yang namanya pendidikan moral anak², dan yang lebih penting … gw bilang ke saudara gw di warung sebelah ... kalau Putri ngutang lagi … jangan dikasih, kerna belum ngerti sepenuhnya apa itu yang namanya “UTANG”.

Buktinya … saudara gw yang punya warung tuh nerimanya fine² aja, dia malah lebih suka di bayar cash daripada harus ada yang ngutang, nagih nya susah katanya LOL.

Masih banyak sih yang mo gw ceritain tentang pendidikan seperti ini, mungkin kali waktu gw tambahin tulisan gw tentang pendidikan yang kek gini.

Foto dari http://i1.trekearth.com/photos/12279/aku_anak_indo.jpg Copyright: bimo wiratnanto

1 comment:

  1. harus bangkit negri ini mencetak anak anak bangsa yg bermutu dalam sainsnya

    ReplyDelete

Komen nya jangan aneh aneh :D

Sebagian cerita tentang saya, separuh ... tidak banyak.
Buat Semua ... untuk saya tinggalkan jejak jejak, sebagai tanda pergantian zaman