Wednesday, June 18, 2008

Salah Make Over

Gara-gara lihat file disamping ini, saya jadi pengen juga di make over, masalah nya tampang saya ga layak tayang hehehehe, foto yang dipajang itu-itu molo, itupun udah jadi andalan sekalian itu juga yang dipajang di blog ma friendster.
Ditambah dengan masa lalu yang suka dengan photography jadi deh iseng-iseng pengen nyoba ikutan buat make over potret diri.

Sekarang yang jadi masalah, saya ga punya kamera digital, ga punya adobe photoshop, ga punya corel draw, hanya punya acdsee buat lihat gambar sama macromedia fireworks buat ngerjain image untuk web.
Eh .. lupa, ternyata laptop ku (Acer Aspire 4310) punya webcam, dengan hasil yang bisa dikatakan lumayan, entah resolusinya berapa, yang penting sekarang bisa photo dulu.

Untuk olah digital nya saya ga perlu software canggih sekelas Roy Suryo, tokh saya bukan photographer, hanya pengen melampiaskan kreatifitas aja, udah ada acdsee sama macromedia fireworks, 2 software itu buat saya udah lebih dari cukup.

Ok .. kita nyoba, dengan kondisi kucel, blon mandi, rambut ga disisir, muka berminyak, pake kamera nya dari webcam, lighting ngandelin dari matahari sore yang lewat dari pintu, ga ada studio hanya ruang santai aja, software seadanya. Kira-kira jadinya nanti bakal seperti apa?

Dan sekali jepret aja, hasilnya seperti dibawah ini:


Memalukan ... yang ini yang mo dipajang di friendster? Please ... I wanna be like a movie star, bukan nya preman pasar.
Kalo gini caranya, mending gw buru-buru mandi, pake baju keren, rambut diminyakin pake Brisk (emang masih ada minyak rambut ini?) atau mandom, kalo ga nemu yah udah pake mikell (minyak kelapa) aja hehehehehe.

Lho ... inikan tantanganya, kalo udah cakep ngapain di make over? Gunanya make over pan buat orang jelek seperti saya doang, kalo udah cakep ngapain juga di make over?

Buru-buru buka acdsee biar secepatnya ga usah liat poto tadi, utak atik .... bener-bener ga ada konsep, mo diapain foto jelek seperti itu?

Dari pengalaman saya, ternyata cropping itu megang peranan penting dalam membuat sebuah foto jadi menarik, balance dan fokus itu yang menjadi point pertama untuk membuat foto menjadi menarik, tapi ... bentar dulu deh, cropping mah gampang, yang penting tampang nya disamarkan dulu, biar jelek nya ga dominan hehehehe.

Karena kondisi kucel banged, lighting tidak mendukung, jadi saya meding maen aman aja deh, yaitu : jangan berwarna, gunakan sepia, atau black and white sekalian.

Jadilah seperti itu :

Tapi sudah cukup lumayan, ktimbang tadi, jeleeekkkk banged.
hasilnya seperti ini saya gunakan effect old yang ada di acdsee, ditambah dengan effect exposure, jadi mainin RGB nya, sebenarnya kalo berwarna RGB ini akan sangat mempengaruhi warna, hanya saja karena warna nya udah duluan sepia, jadi nya hanya light dan contras nya aja yang maen, tapi lumayan lah ... lebih tegas kelihatan.

Kalo foto sebelum nya seperti preman pasar, sekarang ini udah seperti Chairil Anwar ... naek strata dari preman pasar menjadi sastrawan.

Sekarang saat nya finishing, fotonya dah di save trus di pindahin ke macromedia firefox (sebenar nya software ini ditujukan untuk olah gambar berbasis web tapi bisa juga untuk foto seperti ini).
Saat nya cropping dan ngasih ornament untuk memperindah foto.

Me on FrameGimana?
Benar kan kata saya? cropping itu sangat besar pengaruh nya, tapi saya tidak bermaksud melupakan light dan contras, semua unsur itu penting dalam photography.

Sayang nya foto nya ga bisa lebih detail lagi, yah itu tadi, ngambil nya juga pake webcam hehehehehe.
Tapi segini dah layak tayang lah, bandingin aja ama yang pertama tadi.
Pengen nya sih pake grain, tapi tetap aja ... kalo ngolah digital selalu nya ga pernah puas, pengen diginiin lah pengen digituin lah, pasti kerasa sendiri deh, selalu saja ada yang kurang, selalu nya ga puas.

Asikkk ... punya poto andalan lagi, mo dipajang jadi gravatar akh, photo nya keren, artistik walaupun lebih dekat dengan poto nya orang mati hehehehehe, secara gitu lho ... hitam putih dan di bingkai.

Eh bentar ... poto itu pan ga ada cakep-cakep nya, katanya make over tapi kok tetep aja jelek?
Lho salah yah make over nya? Iya yah ... kok ga ada cakep cakep nya? Akh ... sudahlah, yang penting kreatif nya (ngeles)

Kalo jadi movie star ga perlu cakep kan? nyoba ahhh ... gimana kalo foto tadi di proyeksikan ke layar tancap, film nya horor, judulnya cangcut ijo, bersubtitle english, di tonton paling depan, kepala tengadah karena dekat banged ma layar.

Hasilnya seperti ini kali yah.

Layar Tancap


Baru buat neh .. versi bob marley nya hehehehehe yang ini pake software gratisan, picasa dari google, tinggal di tambah film grain aja, lebih aman maenan nya.











I'm using :

- Macromedia Fireworks 8

- acdsee Pro 2
- Picasa 2

4 comments:

  1. HAsilnya Poll banget bro kalo cuman make over pake ACDC mah....ane kira pake software apaan....sae pisann....

    ReplyDelete
  2. Bro Picasa ok juga tuh, buat manage photo juga asikkk..lebih memanjakan dare pada acdc, soalnya software "acdc" cenderung identik ama homo..hehehe

    ReplyDelete
  3. Emang picasa keren banged yah, sederhana, tapi kalo buat memperindah photo sih udah lebih dari cukup. Yang paling keren itu karena picasa gratis hehehehe, Memang asik buat manage image, bisa putar film pula disitu hehehehe picasa emang keren.

    Acdc hehehehe, gw malah yang kebayang tuh adaptor, bukan Acdc lagi namanya tapi ACDsee. ribet buat manage file image, terlalu banyak tombol, penggunaan juga ga maksimal, malah cuman buat lihat file image doang, tool yang paling berguna paling juga resize ma croping nya. Tapi pernah ACDsee berjasa banged tuh waktu kompie kena virus ga bisa pake windows explorer, akhirnya pake ACDsee browse hehehehe.

    ReplyDelete

Komen nya jangan aneh aneh :D

Sebagian cerita tentang saya, separuh ... tidak banyak.
Buat Semua ... untuk saya tinggalkan jejak jejak, sebagai tanda pergantian zaman