Thursday, May 18, 2006

Masalah nya uang

Uang itu kertas, tapi bisa membakar manusia” (Lovely Drew Barrymore)

Nggak tega gw ngeliat sodara gw kemaren nangis kerna uang, bukan uang banyak pula, Rp. 150.000,- itu yang bikin dia nangis, critanya dia datang nagih ke orang yang ngontrak di rumahnya, tapi emang orang itu ga punya duit kale jadi orang itu ga bisa bayar ke kakak gw.

Selama ini yang namanya kekurangan uang itu bukan hal yang besar, sehari-harinya pasti kita “orang rumah” ngalamin hal yang kek gituan, cuman gw nggak nyangka aja kali ini kakak gw bisa nangis sampe terisak-isak gitu, bukan nya gw mandang remeh uang seratus lima puluh ribu rupiah, cuman ... masalah yang lebih besar pun pernah dia hadapi tanpa terlihat lemah nya seperti sekarang ini.

Sepanjang perjalanan menuju ke kantor, gw Cuma kepikiran hal tadi, merembet ke hal² lain ... seperti, harus nya saat ini gw orang pertama yang harus bisa mensuport saudara gw, tapi ... itu dia, gw juga malah kejebak dengan masalah keuangan.

Hehehehe ... untung nya gw orang yang sederhana, ga banyak tuntutan hidup, tapi bukan berarti gw ga punya ambisi untuk maju, Cuma gw mungkin lebih bisa “berdamai dengan keadaan”, susah yah kalo kita nggak bisa ngimbangin mana kebutuhan mana keinginan, lebih susah nya lagi kalo setiap keinginan kita itu kita anggap adalah kebutuhan.

Tentu saja hal ini jadi beban pikiran juga akhirnya ke gw ... siapa seh yang ga pengen terbebas dari masalah keuangan, bujukan untuk berbisnis “haram” pun bermain-main di kepala gw sepanjang perjalanan ke kantor.

Hmmmm .... bisnis haram.

Jalan nya gw dah punya, tinggal di lakukan saja, seminimal mungkin bisa berurusan ama polisi, ga perlu berurusan ama kantor pajak, masih bisa sedikit menjaga nama baik, tanpa perlu kawatir di omongin ama masyarakat sekitar.

Saat itu juga gw ngerasa nemuin solusi nya, mungkin tidak akan berhasil dalam satu bulan, tapi ... dalam jangka satu atau dua tahun gw udah bisa berpenghasilan layaknya manager bank, bahkan mungkin bisa lebih dari itu.

Kemaren waktu gw mo brangkat ke kantor ... orang tua, adik, kakak, ponakan² udah pada ngumpul di rumah ngasih selamat ulang tahun, sekitar 2 menit rumah gw jadi begitu meriah dengan senyum bahagia mereka, nggak ada kado, nggak ada kue, nggak ada hal-hal yang menunjukkan itu adalah perayaan, tapi ... buat gw, mereka lah kado yang paling berharga buat gw saat ini, melihat senyum bahagia mereka, rasa syukur mereka masih bisa sama-sama gw tahun ini, doa mereka buat gw untuk selalu mendapatkan yang terbaik, (padahal kemaren tanggal 17, pikir mereka kemaren itu tanggal 18, kliatan banget mereka udah nggak sabar nungguin hari ultah gw lol) bikin gw malah bertanya-tanya, kenapa gw harus berbisnis haram? Mereka bangga kok punya seorang saudara seperti gw, mereka bahagia bisa sama² dengan gw, mereka bersyukur masih dikasih kesempatan tahun ini masih bisa melihat gw.

Tokh kalau gw berpenghasilan lebih daripada manager bank, belum tentu mereka bisa lebih bahagia seperti sekarang ini, kalau pun gw bisa bantu masalah keuangan kakak gw (kerna gw udah banyak duit neh ceritanya), apa itu menjamin dia nggak bakal nangisin masalah lain lagi?

Trus ... kenapa gw harus ngasih ke mereka duit haram?

Hehehehe ... padahal kalo dipikir-pikir pembaca yang budiman, hidup itu mudah banget yah? Kalo nggak ketawa, yah menangis, kalo hidup kita sekarang sedang susah ... nggak usah panik, emang dari sono nya, udah digariskan kalo hidup itu emang susah, gampangnya maksud gw disini ... kita tinggal jalanin aja, tinggal dinikmatin aja, kalo itu nyakitin ... sebaiknya kita nangis, kalo itu membahagiakan sebaiknya kita tertawa, jangan sampe kebalik ... ntar kita dikira “rada-rada” hehehehe.

Dah ah ... mudah² an gw bisa menjadikan "hidup lebih hidup" (kek slogan rokok), kata ibunya Dawson “setiap inch kesakitan yang kamu rasakan, itu yang akan mendewasakan kamu”.

Kamu sudah dewasa sekarang “ron”

Thanks :
Luluke ma anjelihe, god bless to you too
Ina ... traktiran nya mo apa say? Top 10 Chart list NSP ala gw aja yah, sekalian review dari gw hehehe.
Blummy ... muach .. muach, bela-belain nelpon dari jauh sono, thanks yah ...

2 comments:

  1. owalah lagi bday yah?
    happy belated bday then!
    udeh dibilang kan, idup mah sama aje, mo banyak uang ato kagak...tinggal ikhlas ato gak aje ngejalaninnya....

    tp tetep ding kalo gak punya duit, prasaan ngenes banget ehehehe..

    ReplyDelete
  2. eh blum belated ding, ini masih tgl 18 meskipun nyaris jam 12 malem hihihi...

    ReplyDelete

Komen nya jangan aneh aneh :D

Sebagian cerita tentang saya, separuh ... tidak banyak.
Buat Semua ... untuk saya tinggalkan jejak jejak, sebagai tanda pergantian zaman