Thursday, March 09, 2006

Beauty and the Beast

Kebiasaan baru...., abis tidur siang nongkrong depan tipi, “HBO original signature” getu biasanya yang muncul spot nya, ga ngerti maksudnya apa, tapi yang pasti abis “Hollywood scope” trus muncul spot lagi yang nyampein “Next on HBO”, dasar gw orang nya ga banyak milih sama film Hollywood (Bollywood juga lol), disuguhin pilem apa pun gw telan aja, bahkan film “Beauty and The Beast” jaman jebot juga, gw tetep anteng di depan tipi tanpa bergeming (bahasanya menarik neh .. errrrmmm), kadang sedikit terperangah dan ternganga-nganga melihat adegan² nya (tuh kan bahasanya makin menarik).Kesederhanaan beauty begitu memikat, jujur, cantik, sabar, humblest, sopan berani dan setia. Jangankan pria normal, the beast aja ampe tergila² ama dia, setiap makan malam, dengan membawa setangkai mawar, beast menyatakan cintanya pada beauty, tapi dengan sopan beauty menolak beast.

Begitulah cinta, selalu saja ada yang menderita, beast mendambakan beauty di dunia nyata, sementara beauty mendambakan sang pangeran yang selalu hadir di dalam mimpinya.

Walaupun dibuat jaman jebot dan bergaya musical, tetep aja enak di tonton, emang beda seh kalo udah cap nya Hollywood, bahkan film yang untuk konsumsi anak² pun dibuat begitu menarik dan mempunyai pesan moral yang besar.

Judul nya “Beauty and The Beast”, tapi kebanyakan yang terjadi di sinetron Indonesia “Beauty gone wild and also doing something like a bitch”. :-|

Bukan hanya di sinetron aja, sekarang marak banget VCD tanpa sampul yang isinya anak ABG Indonesia sedang berperan melakukan aktivitas orang tua “di atas ranjang”, tidak sampai disitu saja, saking menghayati peran masing², kadang mereka sudah tidak berada di ranjang lagi, tetapi sudah di atas sofa, dengan meneriakkan yell yell yang selalu saja sama apabila adegan seperti itu terekam dalam format movie “oh ... yes, oh ... no”, gw ga begitu jelas mendengar nya soalnya volume sound nya harus gw kecilin, supaya tidak ketahuan kalau lagi menonton film gituan :”>. So correct me if I’m wrong.

Gw pernah ama beberapa anak Fikom Unisba, Hukum Unisba, Hukum Unpas, D3 sipil Unpar ama beberapa anak IKOPIN (mereka betul² orang yang kreatif), bikin film Independent, tema nya “cinta” (biasa lah anak muda) eitsss ... ini bukan cinta biasa lho, tapi cinta dengan sejenis, heboh banget ...., ini film kita yang pertama, nggak nyangka ternyata membuat film itu tidak semudah seperti membuat film dokumenter kawinan atau khitanan, walaupun kita masih dikategorikan amatiran, tapi kita coba semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil gambar terbaik (camera, waktu itu makenya MD 9000), paling payah waktu editing, terpaksa sound script nya jadi ditulis ulang deh, biar nge pass ama adegan dan timing nya. Hasilnya? Cukup bagus untuk ukuran amatiran.

Tapi ... film yang kita buat neh, kalo dibandingin ama film Hollywood yang jaman jebot itu, sangat sangat sangat jauh sekali perbandingannya.

Gw paling demen kalo udah mulai ngritik film indonesia, ga mutu kata gw, kerja nya asal, buang² listrik doang nonton nya, ga ada pesan moral nya, ga edukatif, ga realistis, dan banyak² lagi kata² yang justru jadi bumerang sendiri buat gw saat gw nyoba jadi pembuat film.

Percaya deh ... yang ngebuat film itu adalah orang yang genius, dia harus punya skill, harus punya pendidikan, harus punya perasaan yang peka dengan lingkungannya, harus punya imajinasi yang tinggi, harus kreatif, mampu bekerja team, expressive, descriptive, mampu mengorganisir, dan masih banyak lagi yang dibutuhkan seseorang untuk bisa membuat suatu film begitu hidup.

Kalo ditawarin jadi director lagi ... gw nyerah, otak gw ga ngejar sampe kesitu lol, rasanya lebih enak jadi loser, duduk di kursi, nyetel tipi, nonton sinetron indonesia sambil “ngomelin” semua adegan yang ada, sampe sinetron itu abis, dan tunggu episode selanjutnya buat “ngomelin” lagi si sinetron itu lol.


1 comment:

Komen nya jangan aneh aneh :D

Sebagian cerita tentang saya, separuh ... tidak banyak.
Buat Semua ... untuk saya tinggalkan jejak jejak, sebagai tanda pergantian zaman