Monday, March 06, 2006

Who's Internet Belongs?

Bengong .... waktu gw baca sebuah blog yang mengkampanyekan anti Anne Ahira (AA), kutipannya seperti berikut:

Kami, warga masyarakat dan komunitas Internet, merasa prihatin terhadap model bisnis yang diterapkan oleh Anne Ahira. Kami keberatan bahwa bisnis ini diasosiasikan dengan melakukan marketing di Internet. Marketing yang dilakukan di Internet sebenarnya adalah sesuatu yang baik dan wajar asalkan dilakukan dalam batas-batas etika dan kewajaran.

Setelah melakukan penyelidikan, kami berkesimpulan bahwa bisnis ini hanyalah sebuah praktik skema piramida yang dibungkus dengan istilah Internet Marketing. Hal ini jelas terlihat dari apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota Elite Team, yaitu merekrut empat anggota baru.

Skema piramida sejatinya merupakan penghisapan oleh segelintir individu terhadap banyak orang. Menurut kami, Internet tidak perlu dikotori dengan pemasaran dari bisnis tidak jelas seperti itu. Silakan melakukan pemasaran via Internet sejauh masih dalam batas-batas kewajaran dan bisnisnya adalah bisnis yang baik dan jelas.

Selanjut nya bisa di baca di SINI

Intinya si penulis bermaksud baik untuk mengingatkan kepada para netter agar tidak mudah tertipu dengan .......... sebaiknya baca sendiri quote nya ;
Dengan demikian kami menghimbau masyarakat Internet untuk tidak mudah terjebak oleh iming-iming kekayaan yang dijanjikan oleh Anne Ahira, Elite Team maupun pihak-pihak lainnya.

Kami berharap masyarakat Internet bisa menyadari adanya model bisnis semacam itu sehingga dapat lebih waspada. Kepada redaktur media massa juga kami berharap untuk selalu melakukan investigasi terlebih dahulu ketika membahas bisnis-bisnis yang tidak memiliki kejelasan seperti itu agar nantinya tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu sebagai promosi terselubung.

Internet, 28 Maret 2005

Tertanda,

Enda Nasution
Jadi ingat salah satu lagu lama (lupa judulnya tapi kyk nya yang nyanyi Panbers deh) lirik nya kira² seperti ini; "Memang aneh hidup di dunia kalau miskin di hina kalau kaya di fitnah"
Bukannya saya menuduh Mas Enda itu tukang fitnah lho, maksud saya disini kok jadi serba salah orang hidup yah.
Setelah baca comment dari pengunjung blog nya mas Enda, ternyata banyak pelajaran menarik disitu tentang dunia Internet khususnya Marketing, sayang nya diskusi nya lebih menonjol saling memojokkan nya daripada pembelajarannya, coba lihat yang ini:

56. | 07:34 on 10 April 2005 | by enda

ah si om suhanna ternyata memang kurang cerdas dan basi. udah diterangin juga, masih ngotot. ayo om dipikir lagi yg bener argumentasinya, biar ga malu. hehehheh.

57. | 16:08 on 10 April 2005 | by suhanna

Oh… memang, HANYA ENDA yang paling cerdas di dunia ini…. orang lain tidak! :-)

Biarin saya tidak cerdas, yang penting saya bukan termasuk orang T.E.N.G.I.L spt Anda dan kawan-kawan Anda. Anda seharusnya lihat deh ceramahnya AA Gym hari ini di SCTV, apa itu “tengil”. MIRIP kelakuan Anda dan kawan-kawan! :-)

58. | 16:35 on 10 April 2005 | by suhanna

eh mas Enda, sbg saran saja…. untuk lebih afdol apa kelakuan anda = spammer atau bukan, coba posting kembali ke milist dan buat polling… “Teman-teman, apakah teman-teman fikir kelakukan saya MEMPROMOSIKAN 'anti AA' ke berbagai milist tidak jauh beda spt kelakuan SPAMMER?”

Anda selama ini DOYAN BANGET nulis ttg kejelekan orang lain…

Coba deh sekali-kali cari tahu pendapat orang lain tentang Anda sendiri…. itu penting untuk KOREKSI DIRI, supaya Anda tdk merasa paling pintar, paling benar, dan paling tahu di dunia fana ini.

Saya bukan pendukungnya AA, saya pribadi tidak tertarik dengan bisnisnya AA.SALUT dengan anak muda yang satu ini…. saya perhatikan meski dijelek-jelekiin oleh Anda dan kawan-kawan, kok dia tidak melawan balik ya? Atau belum? kekekeke…. Ayo Neng Ahira, group Enda udah GATEL nih pingin lihat serangan balik Anda… kekekke… gue jadi penonton aja! Tapi saya

59. | 20:16 on 10 April 2005 | by enda

ah om suhanna ngaku bukan pendukung AA segala hehe, ngapain sih pake bohong segala? emang gitu kali ya kelakuan AA dan geng? suka maen istilah dan pake trik2x aneh.

suka pura2x tidak bersalah, sembunyi pake nama2x orang lain? aa gym lah, kompas lah, segala macemlah? ngomong begana begini padahal intinya tetep skema piramida.

kalo boleh ngasih nasihat om stop cari “korban” baru deh, mending usaha yang lain aja, materi bukan segalanya. :)

Sepertinya kedua orang ini saling kenal, liat deh yang udah gw bold, bikin tambah gw bingung ... milis yang mereka maksud itu milis apa?
Yang terlintas di pikiran gw .... gw ga kenal ama AA cuma sering liat iklan nya doang yang kayak sambil tiduran gitu trus ngeliat ke laptonya, gw lebih² ga kenal sama Mas Enda ini, kebetulan aja lagi googling dan nemuin URL Kampanye Anti Anne Ahira ini.

Kalau mas Enda boleh mengkampanyekan Anti Anne Ahira nya di internet lalu ... kenapa Anne Ahira tidak boleh melakukan usaha nya di internet? lalu internet ini punya siapa? kok berkesan ada yang dibolehin dan ada yang nggak?
Kalaupun Anne Ahira adalah hal yang merugikan yang dia rugikan pastilah Elite Team nya, Kalaupun Kampanye Anti Anne Ahira juga merugikan, pastilah yang di rugikan juga adalah Elite Team nya AA, AA mah ga bakal rugi ... soalnya sudah banyak banget uang masuk ke sakunya.

Terus terang saya seh ga keberatan dengan yang di lakukan oleh AA, jangan kan di dunia maya, didunia nyata juga gw ga bisa seenak nya ngelarang orang melakukan peraktek MLM.

Mungkin sebaiknya Mas Enda bawa kasus ini ke polisi aja biar jelas status hukum nya, soalnya kalo dia mengatasnamakan sebagai "warga masyarakat dan komunitas internet", saya juga warga masyarakat dan saya juga pemakai internet aktif, tapi terus terang ... pernyataan itu tidak mewakilkan diri saya sebagai warga masyarakat dan komunitas internet.

Kalau mas Enda adalah Bapak Blog Indonesia sepantasnya Anne Ahira adalah Asian Brain.
Internet punya semua orang, bukan hanya komunitas yang dibangun dari segilintir orang, kenapa seh selalu nya mengatasnamakan masyarakat sementara isinya cuma segelintir orang? berapa juta pemakai internet di indonesia? berapa ratus ribu komunitasnya Mas Enda? Berapa ribu Team Elite nya Anne Ahira? nggak jelas .....

Masalah itu boleh atau tidak ... tohk kita masih punya hukum positif yang berlaku ... jadi belakukan lah, bukan nya membuat statement seperti itu bisa di kategorikan sebagai "merusak nama baik" atau perlakuan tidak menyenangkan.

Gw pribadi lebih suka ngurusin "bolong²" hidup gw, hidup sodara gw, keponakan gw, temen² gw dari pada ikutan hal² yang besar seperti itu, gimana bisa mengajak orang menjadi lebih baik kalau hidup sendiri masih kacaubalau dot com?

Buat Mas Enda .... selamat berkampanye aja deh smoga yang ikutan lebih banyak.
Buat Anne Ahira ... Selamat usaha aja deh, semoga Elite Team nya bisa berkembang bertambah banyak.

Jadi ... Internet itu kepunyaan siapa seh? hehehehehehe

3 comments:

  1. dengan logika anda artinya kita harus membiarkan jika ada warga masyarakat ditipu, dengan alasan itu bukan urusan kita. penipu harus dibiarkan untuk menipu karena mereka adalah juga 'bagian dari masyarakat'.

    btw, kami juga sudah cukup hati2 untuk menghindari misinterpretasi. pernyataan ini diawali dengan kata: "Kami, *warga* masyarakat dan komunitas Internet". artinya sudah cukup jelas kalau gerakan ini tidak mengatasnamakan komunitas internet, tetapi mengatasnamakan *warga* yang mengikuti aksi ini.

    soal tipu menipu rasanya sudah ada banyak analisis skema anne ahira yang bisa anda baca sendiri di internet. sebagian sudah saya kumpulkan tautnya di http://priyadi.net/archives/2004/09/10/anne-ahira-bukanlah-pahlawan/

    ReplyDelete
  2. Makasih Mas Pri udah mampir ...
    Saya nggak ragu dengan tindakan Mas Enda dkk, apapun yang dia ungkapkan itu pastilah banyak benarnya, karena dia tahu banyak seluk beluk internet marketing.
    Makasih juga penjelasannya tentang "kami, *warga* masayarakat dan komunitas Internet" mungkin saya yang salah menafsirkan, masalahnya satu kalimat bisa mengandung berbagai makna.

    Tunggu apalagi Mas? korban kan sudah ada tuh, bukti udah banyak, kalaupun nanti di acaranya membutuhkan saksi ahli tentang program nya AA, saya nggak meragukan kemampuan Mas Enda dan *warga* komunitas Anti AA.
    Kenapa ga dilaporin polisi aja Mas? biar dia dan Elite Team nya ga berkeliaran merusak lagi nama Indonesia di dunia internet. Ini kan tindak pidana lho mas, alamat Asian Brain kan jelas tuh.

    Penjahat kayak AA mah ga perlu pake kampanyean segala, cuman ngelawan satu orang ini kok, bukan melawan organisasi besar.
    Kalo saya dan yang lainnya ikutan nge jugde, apa nggak salah kaprah namanya tuh mas?

    Okay ... AA penipu itu jelas, kampanye ini berupa himbauan untuk tidak mempercayai program yang ditawarkan AA, sekarang apa dengan cara ini menurut Mas Priyadi dan *warga* lainnya bisa menghentikan penipuan ini?
    Mas Priyadi dan *warga* yang lebih mengerti masalah ini, bukti² nya Mas Priyadi dan *Warga* yang pegang, Dengan tidak adanya status hukum AA bukan nya anda sendiri yang membiarkan AA berkeliaran diluar sana untuk mencari korban baru?

    Tentu saja saya peduli dong mas, tapi .. kita punya hukum positif, angkat kasusnya (Mas Priyadi pastinya punya koneksi ke media) buktikan program AA itu adalah penipuan besar, bukannya itu lebih bagus daripada gembar gembor yang heboh sementara nggak ada kejelasan hukum nya?

    Apa pantas kita hukum seseorang dengan cara seperti ini? Mas ada istilah ... praduga tak bersalah lho yang di anut di indonesia.

    ReplyDelete
  3. gerakan tahun kemarin itu bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap isu sebagai pembelajaran kepada masyarakat supaya tidak mudah tertipu oleh gerakan seperti itu, gak lebih.

    kalau untuk menuntut, saya & teman2 bukan orang yang tepat untuk menuntut. yang harus menuntut adalah yang dirugikan oleh skema tersebut, yaitu para eks anggota ETI. atau paling tidak lembaga advokasi konsumen atau jaksa penuntut dari kepolisian. gerakan ini adalah usaha kami yang paling maksimal. tentunya kami juga akan senang kalau ini ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait (walaupun sekarang belum ada beritanya).

    ya, ini memang 'gembar gembor heboh', tapi kami punya alasan untuk melakukan itu, tidak jauh beda dengan kampanye anti korupsi atau kampanye narkoba. yang jelas aksi ini bisa kami pertanggungjawabkan.

    usaha kami ini tidak akan menghalangi AA atau orang lain untuk mengulangi kejahatan yang sama di masa yang akan datang, tidak akan memperjelas status hukum atau hal-hal lain yang anda inginkan. tapi paling tidak kami sudah berusaha sesuai kemampuan kami.

    ReplyDelete

Komen nya jangan aneh aneh :D

Sebagian cerita tentang saya, separuh ... tidak banyak.
Buat Semua ... untuk saya tinggalkan jejak jejak, sebagai tanda pergantian zaman